Simposium Kaderisasi ; Langkah Awal di 1429 H

Simposium Kaderisasi ; Langkah Awal di 1429 H

Oleh: Muhammad Azhar*

 

Jum’at, tanggal 25 januari 2008 itu, menjadi hari yang sangat berkesan bagi semua. Karena disana ada banyak cerita. Cerita dibalik perjalanan Simposium Kaderisasi dua hari berikutnya. Sekitar pukul 20.00 WIB semua masih terlihat sibuk, ada yang memasang spanduk, ada yang membuat bloc note, dan ada pula yang sedang membuat stiker untuk persiapan esok harinya. Sambil diiringi Nasyid IRA dari speaker kecil disekretariat LDK Raudhatul Jannah UMN semua tampak bersemangat, meski lama-kelamaan mata mereka terlihat merah dan wajah keletihan tak lagi bisa disembunyikan.

 

Akhirnya hari itupun tiba, hari dimana acara yang menjadi salah satu program kerja divisi ke-LDK-an Puskomda FSLDK Sumut akan dilaksanakan. Saat yang akan menjadi memori tak terlupakan, saat bisa dengan wajah ceria menyambut kawan-kawan seperjuangan dari berbagai LDK di Sumatera Utara. Ada tidak kurang dari 20 LDK yang menghadiri acara tersebut dengan jumlah  total peserta sebanyak 104 orang. Mereka datang dari berbagai daerah selain dari kota Medan, ada yang berasal dari Simalungun, Madina, Sidimpuan, Binjai, Dairi dan Kisaran. Tampak Aula kampus B unievrsitas Muslim Nusantara hari itu sangat berbeda, karena dipenuhi oleh mujahid dan mujahidah dari berbagai penjuru Sumatera uatara.

 

Acara Simposium Kaderisasi ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada LDK se-Sumut untuk menata sistem kaderisasi di LDK masing-masing dengan baik serta berbagi pengalaman terkait pola kaderisasi di LDKnya. Selain itu harapan diadakannya Simposium ini adalah kita bisa merumuskan pola kaderisasi umum untuk dijadikan rujukan oleh kampus-kampus lain sesuai dengan klasifikasi kampus yang memiliki kecenderungan tersendiri. Yaitu Kampus PTAI (Perguruan Tinggi Agama Islam), kampus PTU (Perguruan Tinggi Umum) dan kampus Politeknik yang ada di Sumatera Utara.    

            Disela acara yang terdiri dari tiga sesi taerlihat peserta yang cukup antusias dengan memberi pertanyaan kepada pembicara kala itu. Untuk sesi I, pembicara yang dihadirkan adalah Bapak Agus Purwoko, M.Si sebagai mantan praktisi Dakwah Kampu di IPB. Dan pembicara kedua Bapak Agus Safril, M.Mt dari Ikadi kota Medan. Sesi II hanya di isi oleh single fighter kita Bapak Ikrimah Hamidy, ST dari DPRD, seyogyanya untuk sesi II ini akan ada dua orang pembicara lagi, namun karena sesuatu hal maka kedua pembicara tersebut tidak bisa hadir saat itu. Di sesi III ada tiga orang pembicara yaitu Bapak Yusvi Adi Mustofa, ST, Agus Purwantoro, SE, M.Si dan Onrizal, M.Si. denagn kompetensi yang berbeda-beda. Pak Yusvi berbicara tentang PTU, karena beliau memang berasal dari Itb, Pak Agus menyampaikan khazanah dakwah kampus di ranah institusi pemerintah yaitu STAN, dan Pak Onrizal bertutur tentang dakwah kampus di lingkungan PTAI.

 

            Disela sesi I dan kedua juga turut memeriahkan tim nasyid Emergency Voice yang sempat menghibur peserta dengan tiga buah nasyid yang sudah akrab ditelinga para ADK, begitu pula dihari kedua. Lengkap sudah kesemuanya. Sebelum mencapai deti-detik akhir acara, ada presentasi tentang pola kaderisasi secara singkat oleh kawan-kawan yang mewakili PTAI, PTU dan Politeknik. Kemudian pemutaran video-video menarik yang bertajuk Dakwah Kampus tetap setia hadir baik di hari I maupun di hari II.

 

            Untuk ini semua dari awal panitia yang terbentuk hanya diberi waktu selama kurang lebih satu bulan. Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar sampai kegiatan itu ditutup secara resmi pada hari minggu, 27 Januari 2008, kurang lebih pukul 18.56 (waktu telepon genggam ketua Puskomda Sumut ; Abangda Regar  ^-^).

 

Tibalah pada detik-detik akhir menjelang perpisahan. Doa yang di panjatkan oleh sahabat seperjuangan dari Madina semoga bisa menjadikan acara itu benar-benar diridhoi oleh Allah SWT. Saat akan berpisah lantunan nasyid Do’a Perpisahan dari Laptop Toshiba di meja depan, menambah suasana sore itu semakin kurindukan. Ada peluk bahagia, ada canda tawa, ada ucapan “Selamat berjuang Akhi”. Ya, “Selamat Berjuang Saudaraku”, semoga Allah mempertemukan kita di Jannah-Nya. Amin…

 

                                                                 *Ketua Umum BTM3 Unimed 2007-2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: