Jangan Meremehkan Flu

BTM3 Unimed – Pada saat ini negeri tercinta sedang menjalani musim penghujan. Pastinya banjir dimana-mana, dan sudah tentu berbagai penyakit akan menyertainya. Hampir disetiap lingkungan, di kantor, kampus, sekolah, atau di rumah, ada saja orang yang terkena flu.

Disitu tertulis kalimat seperti ini: “Jangan Remehkan Flu”. Penyebab flu adalah virus influenza. Umumnya seseorang terserang flu bila daya tahan tubuhnya sedang turun. Salah satu hal yang dapat membuat daya tahan tubuh menurun adalah kondisi cuaca yang dingin atau musim hujan. Anak-anak atau orang yang sedang menderita penyakit berat dan kronis, serta para lanjut usia, termasuk mereka yang rentan terhadap virus flu.

JENIS-JENIS VIRUS FLU

Virus influenza di alam terbagi dua. Flu burung(Avian Influenza) yang bersemayam dalam tubuh binatang dan ada pula yang menyerang manusia. Pada manusia, flu yang disebabkan oleh virus Myxovirus Influenzae sangat mudah menular. Karenanya penyakit inipun mudah menjadi pandemi atau wabah mendunia.

ATASI FLU SEBELUM PARAH

Komplikasi yang biasa muncul mengikuti penyakit ini adalah pneumonia atau radang saluran pernapasan di paru2. Salah satu bentuk pneumonia yang paling membahayakan adalah primary influenzae viral pneumonia. Gejalanya ialah panas tinggi secara mendadak, batuk2 dan sulit bernapas, sehingga wajah penderita jadi kebiru-biruan. Juga komplikasi influenza bisa menjadi berat bila si penderita menyandang penyakit jantung, ginjal, atau kencing manis. Selain itu juga dapat meningkatkan kemungkinan radang telinga tengah, radang rongga pangkal hidung dan radang selaput lendir hidung.

SELAMA 20 TH INI, 426.000 ORANG TEWAS KARENA INFLUENZA

Di Inggris, kerugian akibat influenza pada th 1974-1976 mencapai 100 juta poundsterling. Prancis (1989-1990), menyebabkan 17 juta hari kerja hilang. di Amerika (1986) kerugian total sekitar 1 miliar dollar. Setiap tahunnya di Amerika antara 10.000 – 40.000 orang tewas karena influenza.Selama 20 th belakangan ini, tercatat lebih dari 426.000 orang tewas. Jadi jangan anggap sepele virus influenza! []

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: