Teknik Publikasi

BTM3 Unimed – Sebelum melangkah pada kegiatan publikasi, harus ditetapkan terlebih dahulu beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.

1. Keterkaitan dengan Topik kegiatan.
2. Keterkaitan dengan sumberdaya yang ada.
3. Keterkaitan mengenai segmentasi pasar.
4. Keterkaitan masalah penentuan biaya peserta.
5. Keterkaitan mengenai penggunaan media publikasi.

ad. 1. Merupakan hal penting, karena harus dihadapkan pada dua aspek, yaitu aspek ekonomis atau sosial.
Penentuannya meliputi : a – Topik Kalender
b – Topik Kondisional
c – Topik Idealita

ad. 2. Sumber daya yang ada akan mendukung suatu kegiatan secara langsung, sebab tanpa ini semua, mustahil kegiatan yang direncanakan berhasil baik.
Bagian ini mencakup :
a – Sumber daya manusia.
b – Sumber dana.
c – Sumber daya potensial lainnya.

ad. 3. Penentuan segmentasi pasar menjadi mutlak saat ini, terutama bagi kegiatan yang bersasaran ekonomis. Sedangkan bagi yang bersifat sosial, meskipun tidak mutlak, segmentasi ini tetap menjadi han yang sangat perlu.
Penetapan segmen pasar akan melihat beberapa aspek :

a – Aspek Demografis : – Umur
– Jenis Kelamin
– Agama
– Pendidikan
– Pekerjaan

b – Aspek Geografis : – Internasional
– Regional
– Nasional
– Wilayah
– Kota/Desa
– Iklim

c – Psikografi : – Masyarakat Konservatif atau liberal – Masyarakat Maju atau Terbelakang
– Masyarakat Terbuka atau Tertutup
– Masyarakat Individual atau Sosial
– Masyarakat Aktif atau Pasif
– Masyarakat Atasan atau Bawahan

d – Perilaku Konsumen : – Manfaat yang dicari
– Frekuensi keikutsertaan
– Cara keikutsertaan

ad.4. Biaya keikut sertaan, akan berpengaruh banyak pada keinginan anggota masyarakat untuk menjadi peserta pada kegiatan yang diselenggarakan.
Pada satu sisi, penetapan biaya mahal, akan sedikit menyulitkan pemasaran yang dilakukan. Namun demikian, bila harga yang dipatok murah, bukan mustahil justru menimbulkan pertanyaan orang lain mengenai kualitas suatu kegiatan yang diselenggarakan. Karenanya, penetapan harga ini harus dipikir masak-masak sehingga dapat dilakukan publikasi secara efektif dan tidak mengecewakan orang lain.

ad. 5 Media Publikasi

Pada tahap ini merupakan hal penting bagi suksesnya suatu kegiatan, sebab sekali kita salah memilih media publikasi, akan kurang berhasilah peyelenggaraan kegiatan tersebut.

A. Media Elektronik
1. Radio
Keuntungan: Kerugian :
– Audience luas – Langsung hilang
– Biaya relatif murah – Terlampau banyak radio
– Ekspresi suara jelas – Tidak ada visual
– Dapat berkreativitas – Pandai bermain kata

2. Televisi
Keuntungan Kerugian
– Audience cukup luas – Biaya mahal
– Total berkreativitas – Langsung hilang
– Audio & Visual – Waktu terbatas
– Memberi pengaruh luas – Tergantung prime time
– Pandai bermain kata dan pola

B. Media Cetak
1. Surat Kabar
Keuntungan Kerugian
– Tahan lama – Lama hanya 1 hari
– Tampilan gambar – Segmen pasar terbatas
– Biaya tidak semahal TV – Pembaca tidak luas
– Mempunyai ukuran – sirkulasi boros
– Komunikasi kalimat – terlampau banyak koran
– Sasaran lebih jelas

2. Majalah
Keuntungan Kerugian
– Waktu iklan panjang – Pasar terbatas
– Biaya cukup relatif – Biaya kolom lebih mahal
– Pangsa pembaca jelas – terlampau banyak
– Komunikasi kata majalah
dan gambar – Bergantung cover news
– Sirkulasi tidak boros

B. Media lain
1. Telemarketing – Press conference
2. Direct Sales – Poster
3. Direct mail
4. Brosur

Semua itu perlu didukung oleh kemampuan manajerial pendaftaran di sekretariat kepanitiaan secara baik. Disamping itu, semua publikasi sangat bergantung pada komunikasi kata (copy writing). Tanpa adanya copy writing sulit menyampaikan pesan secara lugas, ringkas namun tepat. Biasanya cukup bombastis.

CONTOH COPY WRITING :

– “Siapa dulu dong bapaknya ?”
– “Beli satu dapat dua”.
– “Tanpa Kompas serasa belum pas”
– “Baca Misykat, dijamin masuk surga”.

Note: Sumber: LP2U [http://lp2u-online.tripod.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: