Persiapan Awal Da’wah Kampus

BTM3 Unimed

“Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat.” (QS. Al Muzzamil: 1-5)

Dalam ayat yang lain Allah berfirman:

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS. Al Anfal: 60)

Untuk mencapai target, sebuah gerakan Islam hendaklah membuat persiapan-persiapan yang baik dan rapi. Baik itu persiapan pada masing-masing personal anggotanya maupun pada gerakannya itu sendiri. Persiapan yang pertama dari yang utama adalah pemahaman yang menyeluruh dan jelas terhadap perjuangan.

Bagi seorang Aktivis Da’wah Kampus, pemahaman itu merupakan hal yang sangat darurat sebelum ia melaksanakan aktivitasnya. Begitu juga lembaganya itu sendiri (LDK), harus memiliki prinsip yang berdasarkan atas pemahaman yang jelas. Bahkan realisasi pemahaman terhadap amal jama’i dan/atau manhaj yang jelas itu sendiri merupakan salah satu ciri kelayakan sebuah LDK yang mengusung gerakan Islam. Tanpa amal jama’i maka target LDK tidak akan tercapai. Demikian juga tanpa manhaj, maka LDK tidak akan berjalan dengan baik.

Da’wah kampus adalah aktivitas yang dijalankan di atas sebuah manhaj, manhaj da’wah kampus. Sehingga jalannya da’wah kampus dapat berkesinambungan dan penuh dengan tahapan. Masing-masing tahap memiliki targetnya sendiri-sendiri.

Dengan amal jama’i dan manhaj inilah da’wah kampus dapat melahirkan sebaik-baiknya generasi dari kalangan mahasiswa umum, dan mampu melahirkan pada setiap zaman dan tempat, satu generasi yang tetap berpegang teguh kepada kebenaran, berjuang demi kebenaran, dan tidak dapat dimudaratkan oleh musuh-musuhnya sehingga datang ketetapan Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: