Menulis Resensi, Yuks!

BTM3 Unimed – Resensi (Review, Recentie) adalah tulisan yang berisi penilaian tentang kelebihan atau kekurangan sebuah karya tulis (buku), karya sastra (novel), atau karya seni (film, simena). Biasanya mengandung penilaian tentang tema dan isi, kritikan, dan dorongan kepada publik tentang perlu tidaknya membaca atau menonton karya tersebut. Penulisnya disebut resensator atau peresensi. Ada pula yang menyebutnya “pengeritik”.

Menulis resensi buku dimulai dengan membaca dan memahaminya secara kritis. Pertama-tama, kita perkenalkan buku tersebut, judulnya, penulisnya, harganya, penerbitnya, jumlah halamannya, dan tahun terbit buku tersebut. Berikutnya kita gambarkan isi buku secara keseluruhan, bab per bab, termasuk maksud dan tujuan penulisan buku sebagaimana dikemukaan penulisnya (lazimnya ada dalam kata pengantar penulis atau penerbit).

Setelah itu, ada kritisi isi buku tersebut, baik dari segi redaksi, desain grafis (pemilihan huruf, point-nya, layoutnya, dan sebagainya) maupun substansi –tema, bahasan, dan argumentasi penulis. Terakhir, ajak pembaca untuk membaca atau tidak membaca buku tersebut beserta manfaat yang akan didapatnya. Kita tidak perlu meminta izin kepada penerbit atau penulisnya. Mereka sudah pasti senang kok bukunya diresensi. Bahkan, lazimnya jika resensi kita dimuat, lalu kita kirimkan kopiannya kepada penerbit, kita akan mendapatkan honor dari mereka plus kiriman buku lain untuk diresensi.

Sumber : eramuslim.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: