Mengenal Islam (III), Makna Secara Bahasa

BTM3 Unimed – Sobat muslim, disela-sela kesibukan mari kita lanjutkan pembahasan mengenai makna Islam secara bahasa. Setelah islamul wajh (menundukkan wajah) dan al istislam (berserah diri), makna Islam berikutnya adalah as salaamah.

As Salaamah
(suci bersih)

As salaamah
berarti suci bersih. Di dalam Al Qur’an dijelaskan bahwa penganut dinul Islam memiliki hati yang bersih (qalbun salim) saat menghadap kepada Allah Yang Maha Suci.

“…kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih…”
(QS. Ash Shu’araa: 89)

Hal ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang suci dan bersih. Islam membawa ajaran kesucian dan kebersihan. Suci bersih di sini adalah dalam segala hal, baik dari segi fisik, akhlaq, pikiran, dan sebagainya. Dalam hal fisik misalnya Islam mengajarkan penganutnya agar bersih pakaian dan tempat. Sebelum shalat, kita pun diwajibkan untuk bersuci dengan berwudhu. Kalaupun tidak ada air, bersuci tetap diwajibkan, yaitu dengan tayamum.

Kalau contoh suci bersih dari segi akhlaq, Islam mengajarkan penganutnya agar bersih hati dari prasangka, malas, riya, kebencian, dendam, marah, dan sebagainya. Islam pun mengajarkan kita untuk membersihkan diri kita dari kekikiran dan cinta berlebihan-lebihan terhadap harta dengan berzakat.

Sobat semua, dengan demikian kita semua harus senantiasa berusaha agar diri ini suci dan bersih. Terutama hati kita, usahakanlah agar hati ini senantiasa dalam keadaan suci (qalbun salim). Karena orang yang menghadap Allah adalah orang yang berhati bersih sebagaimana disebutkan pada surat Ash Shu’araa ayat 89 di atas. Dan hal ini dicontohkan pula oleh Nabi Ibrahim SAW ketika mengikhlashkan hatinya kepada Allah sepenuhnya dengan hati yang bersih.

“(lngatlah) ketika ia (Ibrahim) datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci.”
(QS. Ash Shaaffaat: 84)

Bersambung…

[– serial Tarbiyah Islamiyah: ma’rifatul dinul Islam –]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: